Detail Program


Program Deposit

LATAR BELAKANG

Kami menciptakan Mini Boiler dengan maksud untuk memberikan solusi teknologi yang bermanfaat bagi Industri Kecil dan Menegah, yang selama ini jarang tersentuh bahkan tidak tersentuh teknologi yang paling sederhana sekalipun. Dengan berbagai inovasi yang kami ciptakan seperti:

1. Desain Revolutioner (pertama di Indonesia, bahkan Di Dunia sekalipun)
2. Harga yang jauh lebih murah (contoh untuk kapasitas & kemampuan yang sama mesin boiler buatan pabrik lain atau buatan luar negeri harganya    mulai 200 juta sampai 500 juta, sedangkan kami hanya mematok 55juta – 180juta)
3. Ukuran yang kecil dan simpel agar bisa masuk ke gang-gang kecil dimana kebanyakan usaha kecil dan rumahan berlokasi di lingkungan yang sempit.
4. Portable dapat dipindahkan oleh satu orang saja.
5. Efisiensi Tinggi (hemat bahan bakar)
6. Pengoprasian mudah dan otomatis (sehingga sekelas UKM dapat mengoprasikan boiler padahal di perusahaan besar memerlukan operator dgn       pendidikan khusus untuk dapat mengoprasikan boiler buatan pabrik lain / luar negeri)
7. Bahan Bakar Padat (mudah didapat), hal ini menjadikan mesin kami sebagai solusi untuk krisis BBM dan Gas di Indonesia.
8. Reverse Combution (Sistem Pembakaran Terbalik)
9. Ramah Lingkungan
10. Sudah Teruji di ratusan UKM.
11. 100% Karya anak Bangsa

Dengan berbagai kelebihan diatas pun bukan berarti boiler ini tanpa kelemahan. Walau harga jauh lebih murah dibanding boiler yang ada di pasaran, namun harga boiler kami ini tetap tidak terjangkau oleh sebagian UKM. Setelah mensosialisasikan dan berinteraksi dengan ratusan UKM yang ada di Indonesia selama 7 tahun ini, hampir sebagian besar UKM bermasalah dengan pendanaan, kondisi mereka pun sulit untuk menggunakan jasa lembaga keuangan atau perbankan. Dengan begitu kami berusaha mencari solusi pendanaan agar UKM bias merasakan keuntungan memakai Mini Boiler. Salah satu program kami yaitu program DEPOSIT.


PROGRAM DEPOSIT
Program DEPOSIT Yaitu program PT.Bumibraja Nusantara bekerjasama dengan INVESTOR untuk memberikan bantuan Boiler Gratis kepada UKM yang membutuhkan. Mini Boiler akan dipinjamkan kepada UKM yang membutuhkan, dengan syarat UKM tersebut diwajibkan membeli bahan bakar dari PT.Bumibraja Nusantara. Harga bahan bakar yang diberikan kepada UKM pengguna Mini Boiler DEPOSIT akan ada perbedaan harga sebesar Rp.500,- / Kg. Kelebihan Rp.500,- inilah yang akan kita share dengan Investor yang telah menginvestasikan uangnya untuk pembuatan Mini Boiler.

RESIKO DAN MITIGASI RESIKO
Dari penawaran sistem DEPOSIT, berikut adalah resiko dan mitigasi nya yang telah kami rangkum dalam beberapa poin:

1. Resiko UKM tidak membeli bahan bakar
Selama UKM produksi, mereka pasti menggunakan bahan bakar, maka mereka pasti membeli bahan bakar, kecuali mereka tidak produksi dan gulung tikar, maka Boiler akan kami tarik, dan kami tempatkan di UKM yang lainnya yang telah siap.

2. Resiko UKM menggunakan Bahan Bakar dari luar
Didalam kontrak kerjasama antara PT.Bumibraja Nusantara dan UKM, telah dijelaskan pemakaian bahan bakar minimum yang diwajibkan. Jadi, apabila ada pemakaian bahan bakar yang dibawah batas minimum, maka PT.Bumibraja Nusantara berhak untuk meninjau kerjasama tersebut, dan berhak untuk mengalihkan Mini Boiler tersebut kepada UKM yang membutuhkan lainnya.

Pemakaian bahan bakar akan terus terpantau, karena kami mengadakan pemeriksaan secara rutin, bersamaan dengan pengiriman bahan bakar dan perawatan berkala.

3. Resiko Boiler rusak, yang berpengaruh kepada kelancaran produksi
Kelancaran produksi setiap hari ialah kunci utama dari UKM untuk mendapatkan profit, karena penjualan produk per hari ialah pemasukan UKM yang utama. Maka, PT. Bumibraja Nusantara menyediakan teknisi dan Mini Boiler pengganti untuk ditukarkan sementara apabila teknisi tidak dapat memperbaiki kerusakan Boiler secara cepat.

Untuk menghindari kerusakan Boiler secara mendadak, kami memberikan perawatan Boiler secara berkala, yaitu bersamaan dengan pengiriman bahan bakar, sehingga kondisi Boiler akan terus terpantau.

4. Resiko pemakaian bahan bakar kurang dari target, mengakibatkan tidak profit
Apabila terjadi resiko seperti no 4 diatas, misalnya kapasitas produksi UKM menurun, yang mengakibatkan peburunan pemakaian bahan bakar, kami akan beri tenggang waktu kepada UKM untuk menstabilkan kapasitas produksi mereka. Dan apabila setelah sampai pada waktu yang ditentukan pemakaian bahan bakarnya masih kurang dari perjanjian awal, maka dengan terpaksa kami akan mengalihkan Boiler ke UKM yang lain.


PENUTUP
Dengan adanya pendanaan ini, diharapkan teknologi yang sederhana ini bisa dinikmati oleh banyak UKM. Sedikit keuntungan yang bisa kami bagi dengan para penanam modal, sedikit hasil yang bisa kami dapatkan dari program ini, tentu akan lebih berarti apabila para UKM yang kita bantu mengalami peningkatan baik dalam segi kualitas produk, kenyamanan para pegawai, penghematan bahan bakar, dll, yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup banyak pihak.